SEKILAS INFO
: - Minggu, 07-03-2021
  • 3 minggu yang lalu / SIT ASSU’ADAA Menerima Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020-2021,… GELOMBANG 2 sdh dibuka
Bedanya Teknik Komputer dengan Ilmu Komputer?

Banyak banget yang bingung apa bedanya antara teknik komputer sama ilmu komputer. Kalo di UI sendiri, teknik komputer ada di bawah naungan Fakultas Teknik (FT) sedangkan ilmu komputer adanya di FASILKOM (Fakultas Ilmu Komputer). Jadi bedanya apa aja, cek kutipan ayomasukUI.com berikut ini?
Banyak yang bilang kaloteknikkomputerbelajar soal hardwaredan ilmu komputerbelajar software. Sebenernya bener nggak, sih kayak gitu penjelasannya? Dan jawabannya adalah salah.
Well, teknik Komputer itu nggak belajar hardware komputer dimana selepas lulus kuliah, kita dituntut bisa bikin laptop, tablet, dll. Bukan, teknik komputer justru nggak melakukan itu.
Begini, teknik komputer itu membuat otaknya, semacam chipnya gitulah. Istilahnya brain. Jadi otak laptop itu dikerjakan teknik komputer yang memprogram biar mesin computer bisa jalan. Kalau ada yang tahu sistem pintu yang bisa membuka dan menutup otomatis pas ada orang mau lewat di mall misalnya? Nah, itu salah satu kerja dari orang teknik komputer. Intinya orang teknik computer bakal membuat program atau sistem canggih biar suatu barang elektronika bisa berfungsi, termasuk juga robot. Maksudnya otak ronot, sebab kalau yang mendesain robot bukan kita, itu lain lagi, bro!
Bagaimana dengan si pembuat laptop? Siapa dong kalo bukan orang teknik komputer? Nah, bagian itu yang bikin orang teknik elektro. Kalau nanti kuliah di UI_dan ambil jurusan Teknik Elektro, kalian bakal ada penjurusan teknik elektro yang dibagi lagi menjadi 4 peminatan. Di salah satu peminatannya, ada elektronika. Elektronika itu yang membuat barang-barang elektronik, jadi dia yang bikin laptop, teknik komputer yang memprogram biar bisa jalan. Mereka memproduksi TV, teknik komputerlah yang membikin tv menjadi pinter.
Masih bingung aplikasinya bagaimana? Begini kalau menurut Romi Satria Wahono, pendiri ilmukomputer.com bisa dikatakan semua jurusan tersebut sebenarnya memiliki mata kuliah yang hampir sama, hanya pembobotannya saja yang berbeda. Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dan bidang kerja para lulusannya. Baca Juga: Modal Masuk Jurusan Teknik Informatika
Nah, biar lebih jelas, kompetensi lulusan setiap jurusan ini biasanya didesain sebagai berikut:
Teknik Komputer/Sistem Komputer diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem terintegrasi baik software maupun hardware.
Teknik Informatika/Ilmu Komputer diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.
Sistem Informasi/Manajemen Informatika diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (bussiness process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan organisasi.
Teknologi Informasi(TI)diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengonfigurasi, dan memantain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.
Rekayasa Perangkat Lunak diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktivitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle)
Kalau untuk prospek lulusan Fakultas ilmu Komputer cukup banyak sih, misalnya programmer, system analyst, konsultan dan manajer TI, software/web developer, dan banyak lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR