SEKILAS INFO
: - Sabtu, 31-10-2020
  • 6 bulan yang lalu / SIT ASSU’ADAA Menerima Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020-2021
5 Makanan yang dapat me ningkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Imunitas tubuh kunci menjaga badan tetap sehat dan menangkal serangan virus corona. Salah satu kunci menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh adalah konsumsi vitamin C.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi bermanfaat yang bisa ditemukan dalam beragam jenis makanan, terlebih di sayur dan buah. Vitamin C dapat menjadi antioksidan yang akan memberikan efek positif pada kesehatan kulit. Tak hanya itu, vitamin C juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan imun tubuh.

Dengan sistem imun yang baik, tubuh menjadi mampu menghadang berbagai jenis gejala corona. Tak hanya itu, healthline.com menyebutkan bahwa vitamin C juga penting untuk kolagen, jaringan dalam tubuh, tulang, gigi, dan pembuluh darah

Namun, tubuh manusia tidak bisa menghasilkan dan menyimpan vitamin C. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang meningkatkan imun tubuh dengan banyak vitamin C adalah hal penting yang perlu dilakukan.

  • Jambu Biji

Masih dari laman yang sama, healthline.com menyebutkan bahwa jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan imun. Sebuah jambu biji memiliki kandungan 126 mg vitamin C.

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa orang-orang yang rajin mengonsumsi jambu biji sebanyak 7 buah setiap hari mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kolesterol yang ada dalam tubuh juga ikut menurun.

  • Kiwi

Makanan meningkatkan imun tubuh lainnya adalah kiwi. Sebuah kiwi yang berukuran sedang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 71 mg. Selain meningkatkan sistem imun tubuh, kiwi juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan tingkat stres dan menurunkan kolesterol. Anda bisa mengonsumsi kiwi sebanyak 2 – 3 buah setiap hari agar resiko penyakit stroke dan penggumpalan darah bisa hilang.

  • Brokoli

Mengutip dari healthline.com, sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa brokoli bisa dikonsumsi sebagai cara menjaga imun tubuh. Dalam setengah gelas brokoli yang dimasak, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 51 mg. Sama seperti kiwi, brokoli juga bisa menurunkan tingkat stres. Resiko penyakit jantung dan kanker juga akan berkurang jika rutin mengonsumsi brokoli.

  • Lemon

Sudah banyak yang tahu bahwa lemon bisa dipakai untuk meningkatkan imun tubuh. Satu buah lemon, termasuk kulitnya, memiliki kandungan vitamin C sebanyak 83 mg. Tak hanya dipakai sebagai makanan peningkat imun, lemon juga bisa digunakan sebagai antioksidan.

  • Leci

Cara memperkuat imun tubuh juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah leci. Dalam sebuah leci, terdapat vitamin C sebanyak 7 mg. Selain dipakai sebagai cara meningkatkan imun, leci juga bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan fungsi otak, jantung, dan pembuluh darah, lho. Healthline.com mengatakan bahwa dalam leci terdapat kandungan omega 3 dan omega 6.

Itulah cara meningkatkan imun tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Jangan sampai tubuh mengalami kekurangan vitamin C karena akan berbahaya bagi kesehatannya. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara rutin, sistem imun tubuh akan tetap terjaga.

Sumber : https://kesehatan.kontan.co.id/

TINGGALKAN KOMENTAR