SEKILAS INFO
: - Sabtu, 31-10-2020
  • 6 bulan yang lalu / SIT ASSU’ADAA Menerima Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020-2021
Karya Seni Rupa Tempel (Kolase)

Di Tulis Oleh : Umi Kulsum, S.Pd.I

Karya seni diekspresikan melalui berbagai macam cara. Adapun karya seni memiliki jenis yang bermcam-macam. Salah satunya karya seni rupa. Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Seni rupa memiliki macam-macam bentuk salah satunya adalah seni rupa tempel atau yang biasa disebut kolase.

Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari bermacam-macam bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bermacam-macam macam paduan bahan. Dalam perkembangannya lalu kolase secara kreatif dimanfaatkan sebagai unsur estetik yang personal dalam sebuah karya lukis. Kolase menjadi media yang digemari oleh kalangan seniman dunia. Pablo Picasso, George Braque dan Max Ernest terkenal dengan karya-karya lukisnya yang memanfaatkan kolase kertas.

Melihat perkembangan seni rupa dengan teknik kolase yang begitu unik dan dapat merangsang kreativitas siswa. Untuk itu SDIT AS SU’ADAA di tahun pelajaran 2018/2019 mengajak siswa/siswi grade IV untuk mengekspresikan karya seni rupa mereka berupa membuat kolase dengan kertas krep. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi nilai Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), selain itu siswa dapat mengetahui karya seni rupa temple (kolase), dan siswa dapat mengekspresikan diri melalui karya seni rupa tempel (kolase). Adapun teknik yang dinilai yaitu perlengkapan dalam membuat kolase, kerapihan dalam menempel kolase, kebersihan selama menempel dan keindahan dalam perpaduan warna.

TINGGALKAN KOMENTAR