SEKILAS INFO
: - Sabtu, 24-07-2021
  • 5 bulan yang lalu / Selalu Terapkan Protokel Kesehatan…Semangat Selalu dalam beraktifitas, semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Alloh SWT..
ANIMATOR CILIK

Animator adalah seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak. Ada banyak pilhan aplikasi pembuat animasi, dari mulai yang berbayar sampai yang gratis. Aplikasi tersebut diantaranya pencil, swish, flash dan pivot.

Di dalam kurikulum 2013  yang dikembangkan di SDIT ASSU’ADAA mengacu pada kemampuan belajar yang berinovasi serta mampu mengikuti literasi digital yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Siswa/i kelas IV di SDIT ASSU’ADAA mulai  dikenalkan dengan sistem pembelajaran berbasis komputer. Salah satu mata pelajarannya adalah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Yaitu membuat animasi dua dimensi dengan menggunakan aplikasi pivot. Mengapa harus pivot ?. karena aplikasi pivot adalah program animasi yang tidak berbayar dan mudah digunakan untuk tingkat sekolah dasar. Tujuan dari pembelajaran ini adalah mengenal aplikasi pembuat animasi, menjalankan pivot sebagai program pembuat animasi, mendemonstrasikan cara menjalankan pivot serta mampu menjelaskan fungsi menu dan ikon pivot. Animo siswa terhadap mata pelajaran TIK sangat tinggi. Apalagi konsep pembelajaran yang digunakan adalah fun learning. “aplikasi pivot sangat membantu saya dalam menuangkan kreasi” kata Aulia Sonya dari kelas IV.2 ketika di tanya oleh wali kelas.   Setiap siswa membawa laptop atau notebook dari rumah dan belajar membuat animasi di sekolah. Animasi harus dibuat per adegan. Setiap adegan yang dibuat dimasukan ke dalam bingkai gambar yang biasa disebut frame. setiap siswa diharapkan mampu untuk membuat lebih dari 100 frame per minggunya, hingga nantinya selama  satu bulan siswa sudah mampu membuat satu film dengan durasi 10 menit. Dengan diadakannya program pembelajaran ini, diharapkan SDIT ASSU’ADAA dapat mencetak generasi yang memiliki kreativitas yang tinggi yang berbasis IT

TINGGALKAN KOMENTAR